Manifesto: banjarhits Reborn

CEO banjarhits.com dan eks pemred banjarhits.id, Diananta Putra Sumedi. Foto: Koalisi Masyarakat Adat dan Kebebasan Pers.

Sobat pembaca, situs banjarhits.id dalam platform kumparan.com/banjarhits resmi ditutup sejak 20 Maret 2020 seiring pemutusan kontrak kerjasama banjarhits.id dan kumparan.com. Penutupan banjarhits.id merespons sengketa karya jurnalistik yang tengah bergulir di Ditreskrimsus Polda Kalimantan Selatan.

Polisi turut menyita akun banjarhits.id pada platform kumparan, saat penyidikan kasus tersebut. Walhasil, akun banjarhits.id dalam status penguasaan polisi — jika tak ingin disebut pembredelan.

Peristiwa ini catatan kelam dinamika pers di Banjarmasin dan Kalimantan Selatan, terhitung sejak dua dekade lebih pasca reformasi 1998. Kalaupun polisi ingin menjadikan barang bukti, sejatinya cukup menyita konten yang dipersoalkan, bukan menyita akun banjarhits.id.

Atas kejadian ini, banjarhits.id pamit undur diri dengan kepala tegak dan menolak dibungkam.

Resmi berdiri sejak 1 Februari 2018, banjarhits.id yang baru seumur bayi itu sudah terhuyung-huyung dihantam gelombang kriminalisasi pers. Reputasi pers perjuangan yang coba dibangun banjarhits.id seketika ambyar akibat proses hukum di kepolisian, hingga berujung vonis pidana 3 bulan 15 hari terhadap pimpinan redaksi Diananta Putra Sumedi.

Banjarhits.id harus menerima resiko ini akibat lantang menulis penindasan kelompok marjinal.

Untuk merawat api perlawanan itu, situs banjarhits.com tampil menggantikan peran banjarhits.id di tengah maraknya pers partisan. Kredo jurnalisme banjarhits.com tetap menyalak menentang pembungkaman daya kritis pers.

Sobat, banjarhits.com tak bermaksud jumawa. Tapi pilihan ini demi tanggung jawab moral sebuah institusi pers terhadap masyarakat. Kami mesti mengambil genre jurnalisme nonpartisan sebagai oase corong suara kelompok proletar di tengah praktek penindasan tatanan masyarakat.

Itulah sebabnya, banjarhits.com teguh merawat kemerdekaan dan keadilan sejak dalam pikiran. Kami perlu menanamkan kemerdekaan berpikir untuk memastikan kerja-kerja jurnalistik media nihil dari tekanan pihak manapun.
Kami sadar merawat independensi jurnalisme tak mudah di tengah godaan zaman. Kami teguh merawat jalan sunyi jurnalisme itu.

Lahir belakangan ketika memasuki tahun politik 2020, banjarhits.com tak ingin larut dalam magnet bandul politik lokal. Banjarhits.com tampil independen, lepas dari perkubuan antar kandidat kepala daerah. Pada akhirnya, masyarakat lah sebagai sandaran banjarhits.com merawat kewarasan jurnalisme.

Untuk menguatkan pilihan watak pers perjuangan yang lahir dari pembungkaman, banjarhits.com mengambil motto: Merawat Perlawanan.

Kami menyapa pembaca dengan nuansa warna hitam-merah karena simbol keberanian yang muncul dari sejarah kelam kriminalisasi pers. Kami tetap mempertahankan logo kebesaran banjarhits, namun mengganti kelir dari hijau muda-kuning ke dominasi merah.

Dalam satu tarikan nafas, banjarhits.com berkelir merah-hitam bermakna filosofis: keberanian yang bangkit dari pembungkaman dan kriminalisasi pers. Kehadiran banjarhits.com sebagai ikhtiar menjaga pijar perlawanan dan semangat independensi jurnalisme. Kami percaya bahwa brand hebat, tidak muncul tiba-tiba tanpa sejarahnya.
Seraya menjaga militansi perlawanan itu, banjarhits.com tetap menyuguhkan cerita dalam berbagai pilihan rubrikasi: news, politik, bisnis, hukum, celoteh, dan pemberitaan 13 kabupaten/kota se-Kalsel. Situs berita rintisan skala lokal ini wajib memenuhi hak masyarakat atas sebuah informasi yang lugas, tegas, dan bernas.

Lewat banjarhits.com, pembaca bisa mendapat asupan cerita lebih sehat setelah proses kurasi yang non partisan.
Kami tetap rendah hati untuk terus berikhtiar menghasilkan karya-karya jurnalistik terbaik kepada khalayak. Bagi kami, pembungkaman banjarhits.id menjadi tonggak menempa diri untuk melesat lebih jauh lewat banjarhits.com.
Kami terlahir kembali untuk merawat perlawanan.

Banjarmasin, 1 Oktober 2020
Diananta Putra Sumedi,
Frontman dan CEO banjarhits.com

Avatar

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Pramuka Batola Diminta Melawan Covid-19

Read Next

ITS Rilis Kapal Pintar Tanpa Awak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *