Bamboo Rafting, Olahraga Minat Khusus Asal Loksado

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor merasakan bamboo rafting. Foto: istimewa

Potensi wisata berbasis sport tourism di Kabupaten Hulu Sungai Selatan tak kalah ciamik ketimbang daerah lain di Kalimantan Selatan. Di Kecamatan Loksado misalnya, bamboo rafting jadi primadona menarik wisatawan minat khusus.

Masyarakat lokal awalnya kerap memanfaatkan rakit bambu sebagai transportasi air di Sungai Amandit. Kebiasaan ini agaknya mengusik sebagian warga menjadikan rakit bambu untuk olahraga air. Pegiat wisata pun menjadikan bamboo rafting sebagai unggulan di Loksado.

Ya, olahraga air ini mirip arung jeram. Tapi, bamboo rafting memanfaatkan batang bambu. Bamboo rafting kerap dijadikan unggulan saat Festival Loksado. Selain itu, pelancong bisa menikmati Air Terjun Haratai. Merasakan bamboo rafting bisa memacu adrenalin karena Anda seraya dicabik-cabik derasnya air sungai.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, terus mendorong pengembangan potensi wisata lokal macam bamboo rafting.

“Kami sangat mendukung pengembangan destinasi pariwisata di Kalsel, termasuk di Loksado. Kami juga mempersilakan siapa saja yang ingin berinvestasi di Kalsel, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Sahbirin Noor dikutip saat pembukaan Festival Loksado pada 2018.

Saat festival, Rus’an Anwar salah satu peserta bamboo rafting berasal dari Banjarmasin, antusias mengarungi Sungai Amandi. Sungai yang panjang dan diapit oleh gunung dan hutan, serta pepohan besar dan langka.

Tidak henti-hentinya ia memotret dan merekam suasana keseruan naik bamboo rafting yang baru ia rasakan untuk pertama kalinya.

“Ini pertama kalinya saya naik bamboo rafting, saya sangat antusias sekali. Pengalaman yang luar biasa, keindahan dan pemandangan yang luar biasa” ujar Rus’an Anwar.

Avatar

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Covid-19, Satpol PP Tak Merazia Eks Lokalisasi Pembatuan

Read Next

Susu Harimau, Jamur Unik di Pedalaman Sengayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *