Polres HSU Jaga Kamtibmas Lewat Gowes ke Pelosok

Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan dan rombongan melintasi jalanan becek kebun sawit. Foto: Polres HSU

Polres Hulu Sungai Utara (HSU) punya berbagai cara dalam memantau situasi keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukumnya. Salah satunya lewat gowes ke pelosok desa.

Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, bersama rombongan PJU dan Personil Polres HSU yang hobi gowes di antaranya Kasat Lantas Iptu Jumadiono, Kasubag Humas Iptu Alam.Sw, Paur Subag Dal Ops Ipda Durahman, Aipda Carles Sinaga, dan beberapa personil lainnya melakukan olahraga gowes sepeda sekaligus pemantauan situasi Kamtibmas di Wilkum Polres HSU, Sabtu (17/10/2020) pagi

Start gowes dimulai dari Mapolres HSU menyusuri pasar Induk Amuntai, melintas di muka Mapolsek Kota, selanjutnya melalui jaur pedesaan desa Kaludan dan masuk melintas perkebunan sawit PT. Persada Dinamika Lestari (PDL) di Desa Pawalutan, Kecamatan Banjang.

Cuaca sejak star dari Mapolres HSU cuaca mendung dan saat mau masuk jalur perkebunan sawit hujan gerimis serta medan lintasan cukup extrem sehingga perlu kehati-hatian dan konsentrasi penuh saat mengayuh pedal sepeda. Maklum, banyak lobang dan semak belukar.

“Kadang akar pohon yang bisa membahayakan, namun dengan semboyan ‘Semangat ku mengalahkan lelah ku’, sepeda tetap dikayuh dan jalur extrem menjadi tantangan tersendiri bagi penghobi gowes. Untuk perkiraan jatak tempuh gowes kali ini sekira 60 kilometer,” kata AKBP Afri Darmawan lewat Kasubaghumas Iptu Alam, Minggu (18/10/2020).

Saat bersitirahat sekaligus berkunjung di kantor PT PDL Pawalutan disambut CDO/ Humas PT PDL Budi Wahyudi dengan senang.

“Selamat datang Pak Kapolres HSU dan rombongan,” ujar Budi Wahyudi. Ia kaget sebab kedatangan Kapolres dan rombongan mendadak.

Selain itu, Budi merasa kaget sebab Kapolres HSU datang dengan cara mengayuh sepeda dari Polres HSU yang sangat jauh dan medannya sulit. “Apa lagi pulang pergi (PP) gowes ujar,” Budi Wahyudi.

Mereka saling berbincang-bincang sambil menikmati sajian kopi panas dan snack bersama-sama sehingga suasana penuh kekeluargaan

“Biasanya pejabat dari Polres atau instansi lain datang saat berkunjungan dalam rangka koordinasi selalu menggunakan mobil atau sepeda motor,” tutur Budi Wahyudi

Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan, turut membahas situasi kamtibmas di PT. PDL khususnya terkait karyawan PT PDL dan antisifasi Karhutla di lingkungan perkebunan sawit PT PDL.

“Semoga karyawan disini tidak ikut-ikutan aksi unjuk rasa terkait Hari Buruh Nasional yang marak dalam pemberitaan media. Sebab bisa terhasut dan menimbulkan gangguan kamtibmas,” ujar Kapolres.

“Bisa terpancing besikap anarkis akibat isu yang tidak benar dan merugikan semua pihak,” lanjut AKBP Afri.

Selain itu untuk antisifasi Karhutla, ia mengimbau sesering mungkin koordinasi kerja sama dengan pihak Polres HSU dan Polsek Banjang. Pihaknya akan siap membantu termasuk Bhabinkamtibmas dan petugas pengamanan di sini.

Kedatangan silaturahmi Kapolres dan rombongan gowes sangat memotivasi PT PDL Menurut Budi, PT PDL selalu koordinasi dalam setiap masalah terkait Kamtibmas.

Dalam pelaksanaan Patroli Sepeda Kapolres juga sempat melihat spanduk-spanduk yang dipasang oleh Polsek Banjang terkait himbauan antisifasi Karhutla, protokol kesehatan, dan beberapa embung tampungan air guna antisipasi memadamkan api saat kebakaran lahan di lokasi PT PDL.

Selain itu, Kapolres HSU dan rombongan tidak segan singgah dan ngobrol dengan warga serta mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah virus corona (Covid-19) dan menjaga kamtibmas jelang Pilgub Kalsel.

Avatar

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Rifqinizamy Siap Tanggung Jawab soal UU Ciptaker

Read Next

Update Covid-19 Batola: 1 Meninggal dan 29 Aktif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *