Di Kalsel, Hanya 64 Perpustakaan Terakreditasi

Sosialisasi akreditasi perpustakaan di Kalsel, Kamis (19/11/2020). Foto: istimewa

Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Kalimantan Selatan gelar sosialisasi pedoman lembaga akreditasi perpustakaan pada Kamis (19/11/2020). Dalam acara itu, Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie, mengungkap sejumlah kendala pengelolaan perpusataan di Kalsel.

Menurut Nurliani, kendala berbagai jenis perpustakaan di Kalsel dalam hal akreditasi, seperti keterbatasan jumlah SDM yang memenuhi standar kompetensi dan profesional.

Selain itu, ia menyebut anggaran perpustakaan yang terbatas berimplikasi terhadap pengadaan koleksi, sarana, dan prasarana. “Termasuk masih rendahnya pemahaman arti dan manfaat penerapan SNP dan akreditasi perpusatakaan oleh pimpinan induk perpustakaan,” kata Nurliani Dardie, Sabtu (21/11/2020).

Pihaknya terus mendorong perpustakaan di Kalsel ikut akreditasi agar pengelolaannya sesuai standar nasional. Melalui cara ini, Nurliani berharap kualitas penyelenggaraan perpustakaan lebih baik lagi di masa depan,

Dari berbagai jenis perpustakaan di Kalsel, menurut dia, perpustakaan yang sudah terakreditasi jumlahnya sedikit. “Hanya ada 64 buah perpustakaan sejak 2011 sampai 2020. Rinciannya perpustakaan sekolah 38 buah, 10 perpustakaan perguruan tinggi, 9 perpustakaan umum, dan 7 perpustakaan khusus,” kata Nurliani Dardie.

Mengacu UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, pengelolaan perpustakaan mesti memenuhi standar. Seperti standar koleksi, standar sarana prasarana, standar pelayanan, standar tenaga perpustakaan, standar pengelolaan, dan standar penyelenggaraan.

Untuk memenuhi standara tersebut, Nurliani menyebut setiap perpustakaan harus lolos akreditasi yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional.

“Akreditasi sebagai pengakuan formal yang diberikan Badan Akreditasi Nasional terhadap kompetensi suatu lembaga dalam pengelolaan perpustakaan sesuai ketentuan,” kata Bunda Nunung.

Avatar

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

Setelah 50 Tahun, Kalsel Tuan Rumah Nasional MTQ ke-29

Read Next

Cara Merakyat Kampanye Syafruddin Maming

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *