Perusahaan Tambang Ikut Tanam Pohon

Bupati Banjar Banjar H Khalilurrahman beserta Istri Hj Raudathul Wardiyah Khalilurrahman melakukan penanaman bibit pohon bungur di halaman Pendopo Bupati Banjar, Martapura, Sabtu (28/11/2020) pagi. Aksi ini dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Nasional Tahun 2020.

Kegiatan menanam pohon tersebut juga didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar H Boyke Wahyu Tristiyanto serta pegawai lingkup DLH Kabupaten Banjar, yang berlangsung sederhana dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Bupati Banjar H Khalilurrahman menyampaikan, kegiatan menanam pohon merupakan sebagai bagian dari menjaga kelestarian lingkungan. “Karena keberadaan pohon sangatlah bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia, dengan fungsi pohon untuk penurunan emisi gas dan rumah kaca,” ungkap H Khalilurahman.

Bupati Banjar berpesan agar masyarakat turut berpartisipasi meningkatkan kepedulian menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya dengan menanam pohon dan merawatnya.

Kepala DLH Kabupaten Banjar H Boyke Wahyu Tristiyanto menjelaskan Hari Menanam Pohon Nasional merupakan kegiatan rutin yang dicanangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, setiap tanggal 28 November.

“Pada tahun lalu kita menggelar pada Kawasan Lingkar Selatan, dan tahun ini kita melaksanakan penanaman pada 3 titik, yakni Lingkar Selatan, dalam Kota Martapura di Jembatan Kembar, serta pada Pendopo Bupati Banjar,” jelas Boyke.

Saat Hari Menanam Pohon Nasional, pihaknya melakukan penanaman bibit pohon bungur yang usia tanamnya lama, yang dapat dinikmati pada sepuluh hingga dua puluh tahun akan datang.

“Mudah-mudahan suatu peninggalan ini, dapat dirawat oleh penurus-penerus kita,” harap Boyke.

Dia menyampaikan, selain penanaman pohon bungur, juga menanam tanaman lain dan melibatkan perusahan-perusahaan tambang maupun air minum kemasan. Kegiatan tersebut akan mereka laporkan kepada Dinas Lingkungan Hidup.

“Saya berharap kegiatan penanaman pohon lebih semarak lagi, karena tutupan lahan kita masih belum menggembirakan, terlebih di daerah tambang. Mudah-mudahan ini dapat memacu perusahaan tambang untuk segera melaksanakan reklamasi dan revegetasi,” harapnya.

Share this :

diananta putra sumedi

Editor

Read Previous

BKSDA Tidak Merelokasi Buaya Pemakan Manusia di Kotabaru

Read Next

Waspada! Ada 30 Ekor Buaya Hidup di Desa Pantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *